Total Tayangan Halaman

Sabtu, 04 Februari 2012

Sinopsis Andong


Nama                           : Gusti Indah Lestari
Kelas                           : X5
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia


KD 9.1            : Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung


Andong

            Andong merupakan alat transportasi tradisional yang berasal dari Indonesia. Di setiap daerah di Indonesia nama andong itu sendiri berbeda-beda. Nama andong itu berasal dari Yogyakarta, namun di lain tempat seperti di Jawa Timur andong disebut Dukar, di daerah Jakarta andong disebut Sado, dan di beberapa tempat lainnya disebut Delman.
            Dalam sejarahnya, andong pertama kali digunakan untuk mengangkut raja-raja dan golongan bangsawan pada masa kepemimpinan Sultan Hamengkubuwono VII dan pada masa kepemimpinan Sultan Hamengkubuwono VIII mengalami peralihan fungsi. Kita dapat mengetahui bahwa fungsi andong tidak hanya mengangkut golongan bangsawan tetapi juga rakyat jelata, hal ini dapat diketahui secara lengkapnya di Museum Kereta.
Di Yogyakarta, andong mempunyai 2 tipe yaitu andong wisata dan nonwisata. Andong wisata digunakan untuk mengangkut para wisatawan yang ingin berkeliling kota Yogyakarta, ciri khas andong ini berukuran besar dan relatif lebih indah karena banyak aksessoris yang di tambahkan. Sedangkan andong nonwisata relatif lebih kecil dan biasa saja, digunakan untuk mengangkut penduduk. Tarif andong cukup terjangkau sekitar Rp. 15000 s/d Rp. 20000 untuk jarak tempuh yang dekat dan Rp. 50000 s/d Rp.60000 untuk jarak tempuh jauh. Terdapat jalur khusus untuk andong di Yogyakarta.
Andong memanfaatkan tenaga kuda untuk menarik keretanya. Jumlah kuda yang lazimnya dipakai adalah satu atau dua. Kereta pada andong dibuat dari kayu tetapi pada rodanya ada juga yang terbuat dari ban karet. Kapasitas penumpang andong biasanya lima sampai enam orang termasuk kusir. Kusir adalah orang yang mengendalikan laju andong. Keistimewaan saat naik andong kita dapat menikmati suasana yang indah dan melihat pemandangan disekitarnya. Selain di Yogyakarta, andong juga tidak asing lagi di daerah lainnya namun sekarang populasi andong sudah berkurang. Andong juga terdapat di negara lain namun biasanya disebut kereta kencana. Kereta kencana ini biasanya sangat terawat dan indah karena digunakan dalam acara-acara penting. Seperti di Inggris, kereta kencana adalah kendaraan yang dipakai Pangeran Inggris untuk berkeliling kota seusai acara pernikahan di gereja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar